Gunung Tangkuban Parahu Wisata Populer di Bandung

Gunung Tangkuban Parahu Wisata Populer di Bandung

Gunung Tangkuban Parahu Wisata Populer di Bandung - Salah satu gunung yang terdapat di Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Seputar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus serta hamparan kebun teh di sekelilingnya, Gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian setinggi 2. 084 mtr.. Bentuk gunung ini yaitu Stratovulcano dengan pusat erupsi yang beralih dari timur ke barat.

Type batuan yang dikeluarkan lewat letusan umumnya yaitu lava serta sulfur, mineral yang dikeluarkan yaitu sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan waktu gunung tak aktif yaitu uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya yaitu 17 oC pada siang hari serta 2 oC saat malam hari.
Gunung Tangkuban Parahu Wisata Populer di Bandung
Gunung Tangkuban Parahu Wisata Populer di Bandung
Gunung Tangkuban Parahu memiliki lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Dipterokarp Atas, rimba Montane, serta Rimba Ericaceous atau rimba gunung.

Legenda Gunung Tangkuban Parahu


Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dihubungkan dengan legenda Sangkuriang, yang diceritakan jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan kemauan anaknya menikahinya, Dayang Sumbi ajukan prasyarat agar Sangkuriang bikin perahu dalam semalam. Saat usahanya tidak berhasil, Sangkuriang geram serta menendang perahu itu hingga mendarat dalam situasi terbalik. Perahu inilah yang lalu membuat Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk juga gunung api aktif yang statusnya dipantau selalu oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Sebagian kawahnya masih tetap tunjukkan sinyal tanda keaktifan gunung ini. Diantara sinyal kesibukan gunung berapi ini yaitu timbulnya gas belerang serta sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, salah satunya yaitu di kasawan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah alami letusan kecil pada th. 2006, yang mengakibatkan 3 orang luka enteng.

Kehadiran gunung ini dan bentuk topografi Bandung yang berbentuk cekungan dengan bukit serta gunung di tiap-tiap sisinya memperkuat teori kehadiran suatu telaga besar yang saat ini adalah lokasi Bandung. Dipercaya oleh beberapa pakar geologi bahwa lokasi dataran tinggi Bandung dengan ketinggian lebih kurang 709 m diatas permukaan laut adalah bekas dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang di kenal juga sebagai Gunung Sunda serta Gunung Tangkuban Parahu adalah bekas Gunung Sunda purba yang masih tetap aktif. Fenomena seperti ini bisa dipandang pada Gunung Krakatau di Selat Sunda serta lokasi Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Hingga legenda Sangkuriang yang disebut narasi orang-orang lokasi itu dipercaya adalah suatu dokumentasi orang-orang lokasi Gunung Sunda Purba pada momen ketika itu.

Aksesibilitas Dengan Kendaraan


Rute jalan untuk hingga di lokasi object wisata Gunung Tangkuban perahu yaitu melalui pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melalui Sukajadi - Setiabudi - Lembang lantas hingga ke tempat Tangkubanparahu (Gerbang Atas).

Apabila keluar lewat pintu tol Padalarang (lewat Cipularang), dapat ambillah arah ke Cimahi lantas belok ke kiri lewat Jl. Kolonel Masturi, lantas selalu saja ikuti jalan Kolonel Masturi sampai ujungnya (melalui daerah kecamatan Cisarua serta kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), lantas waktu bersua pertigaan Jl. Raya Lembang, belok kiri serta selalu saja ikuti jalan melalui markas Brimob dan lain-lain, seputar 1 km. lagi bakal hingga di Gerbang akses ke wisata kawah Tangkuban Perahu (kiri jalan).

Pastikan Anda memesan Paket wisata Bandung hanya di Yoshi Tour Bandung yang terbaik no 1 se Bandung raya.


Posted by Sara Felicia Dennis, Published at 3:47 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.